Membaca Draft Kapal

Saya berharap kawan" tidak bosan membaca postingan saya. Mohon maaf saya hanya berbagi dalam bentuk tulisan.

Pagi ini akan saya bahas bagaimana caranya membaca draft kapal. Pembacaan draft kapal sangat penting sekali, baik saat kapal seblum muat gunanya untuk menghitung jumlah muatan yang bisa dimuati,  dan membaca draft kapal setelah pemuatan utk menghitung berpaa jumlah muatan yg sudah termuat selain data berat muatan dari manifest. Selain 2 hal tersebut,  pembacaan draft kapal juga sangat penting utk menghitung nilai UKC di pelabuhan tujuan.

Kawan" dan adik" yang belum bisa baca draft kapal,  bisa perhatikan gambar dibawah ini, angka yang saya garis bawahi dengan warna merah diibaratkan sebagai batas garis air. Apabila kawan melihat gambar dibwah ini,  ibaratkanlah gambar tersebut sebagi badan kapal yg terbenam dalam air, an garis merah adalah batas garis airnya atau lebih mudah kita sebut garis merah sebagai permukaan air.

Untuk cara sampel pembacaannya seprti gambar dibawah ini  adalah sebagai  berikut :



1. Garis merah yang berada dibawah angka 2M dibaca sebagai 2 Meter draft kapal tersebut.

2. Garis merah yang berada tepat di atas angka 6 dan letaknya dibawah angka 2M artinya adalah draft kapal sebesar 1 meter 70 cm atau 1.7 meter.

3. Garis Merah yang berada di antara Angka 4 Dan 6 Dan letaknya tetap dibawah angka 2M artinya adalah draft kapal sebesar 1 meter 55 cm atau 1.55 meter.

4. Garis Merah yang berada tepat di atas angka 8 namun perlu kawan" perhatikan letak angka 8 ada dibawah 1M artinya draft kapal sebesar 0.90 Meter atau 90cm.  Jika garis merah tepat dibawah angka 8 dan letaknya masih dibawah 1M maka pembacaan draftnya adalah 0.80 meter atau 80cm.

Berdasarkan penjelasan saya di atas, dan utuk memudahkan kawan" dalam membaca draft kapal, kawan harus ingat untuk penulisan angka draft di badan kapal dimulai dengan nilai draft paling kecil mulai dari lunas hingga batas maksimal draft.

Draft Kapal atau badan kapal yang terbenam di dalam air akan bertambah atau berkurang draftnya apapbila menambahkan atau mengurangi bobot jumlah muatan di atas kapal tersebut.

Jangan bosan membaca kawan...
Banyak membaca, banyak hal kita ketahui.


3 komentar:

Mari berbagi pengalaman yang positif

Selayang Pandang Tentang Tug Master